Minggu, 16 Oktober 2011

Mengatasi Grogi

Bagi sebagian orang, bermain sulap di depan umum bukanlah sebuah hal yang mudah. Apalagi jika Anda diminta secara mendadak atau tiba-tiba untuk bermain sulap di depan forum. Reaksi selanjutnya bisa dipastikan, perut mulas, kaki dan tangan gemetaran, jantung berdetak kencang, dan waktu serasa berjalan sangat lambat. Nah, inilah gejala dari adanya nervous, gugup atau grogi.

Gugup umumnya diawali dengan munculnya keringat dingin maupun hangat, perut terasa melilit, kaki dan tangan gemetaran, otak serasa blank, dan mulut pun serasa berat sekali untuk terbuka sehingga bicara pun menjadi tidak lancar.

Trus bagaimanakah cara mengatasi grogi di depan umum? Berikut beberapa kiat untuk mengatasi grogi saat bermain sulap di depan umum ;

1. Mempersiapkan mental dengan cara membangun rasa percaya diri dan mengendalikan rasa takut serta emosi.
Percaya diri adalah modal awal agar sukses bemain sulap di depan umum. Bila kita mau mengisi acara atau pertunjukan sebaiknya kita dapat istirahat dan tidur yang cukup menjelang waktu pertunjukan di depan umum, melakukan relaksasi atau senam ringan untuk menurunkan ketegangan mental dan mengantisipasi kelelahan, misalnya dengan cara memegan ujung kaki sambil berdiri membungkuk selama beberapa detik, menarik napas yang panjang dan dalam serta menahannya beberapa detik, kemudian mengeluarkan napas pelan-pelan, juga minum segelas air putih untuk mempersiapkan vokal dan mental kita.


2. Siapkan bahan jika tidak tampil mendadak.Persiakan trick dan alat gimmick yang mau anda mainkan. Catat kata-kata apa yang ingin disampaikan. Persiapkan kostum atau pakaian yang sopan dan nyaman dipakai. Cari musik pengiring yang cocok dengan permainan ini dapat menumbukan rasa percaya diri karena anda merasa yakin dengan apa yang anda mainkan.

3. Berusahalah konsentrasi dan tenang  Saat akan maju dan fokuskan pikiran pada permainan yang akan anda mainkan, dan pada inti permainan anda jika trick anda ada unsur ceritanya. Jangan memaksakan diri untuk mengeluarkan permainan yang anda belum kuasai, ini hanya akan menambah ketegangan dan rasa grogi jika pada saat akan maju ada sedikit saja ada yang terlupa.

4. Jangan mengharuskan diri tampil sempurna pada tiap kesempatan karena hanya akan mempercepat timbulnya rasa grogi ketika sedikit saja kekurangan Anda tampak. Yakinlah semua orang mempunyai kekurangan dan tidak semua orang mampu bermain sulap dengan baik di depan umum.

5. Yakinlah bahwa Anda tidak harus sepenuhnya menguasai seluruh penonton. Fokuskan perhatian pada mereka yang tertarik dengan apa yang anda mainkan. Biarkan saja kalau ada yang tidak menaruh perhatian pada apa yang anda mainkan. Karena semua itu dapat mengurangi konsentrasi anda.

6. Usahakan selalu melatih ketrampilan  saat Anda ada waktu luang sebaiknya digunakan untuk melatih ketrampilan anda. Ingatlah satu hal ini "Pesulap yang baik memainkan satu trick sulap untuk banyak orang (tentunya dalam waktu yang berbeda)" jadi latihlah satu trick sampai anda dapat menampilkan trick itu dengan sempurna.

7. Jangan lupa untuk berdoa sebelum berbicara di depan umum agar tidak grogi, tidak nervous, dan sukses.

Yang perlu Anda tekankan dalam diri Anda adalah bahwa bermain sulap di depan umum bukanlah hal yang sangat menegangkan. Karena sesungguhnya dalam permaina sulap yang mengetahui arah permainanya adalah pesulap itu sendiri. Jadi berusahalah selalu tenang dan rileks.

Dan lebih penting lagi, bukan pada bagaimana penampilan anda tetapi pada apa yang anda sampaikan sehingga anda harus mempunyai tujuan dan sasaran yang jelas dan terarah. Ingatlah, sebagian besar pendengar menginginkan anda berhasil dalam memainkan MAGIC anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar